PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN INOVATIF PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (PTK Di SMP N 1 BOYOLALI Kelas VIII Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009)

Nuryanti, Rini (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PERTANYAAN-PERTANYAAN INOVATIF PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (PTK Di SMP N 1 BOYOLALI Kelas VIII Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word
A410050033.doc

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF
A410050033.pdf

Download (243kB)
[img] PDF
A410050033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif pada pokok bahasan lingkaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP N 1 Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP N 1 Boyolali yang berjumlah 44 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII-C, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi, analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah proses pembelajaran melalui pertanyaan-pertanyaan inovatif pada pokok bahasan lingkaran dapat meningkatkan pemahaman konsep, yang dilihat dari prestasi belajar siswa. Adapun peningkatan kemampuan konsep lingkaran siswa dari 75 % menjadi 84 % dan nilai rata-rata siswa dari 74,95 menjadi 79,84.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pemahaman konsep, pertanyaan-pertanyaan inovatif.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 02:49
Last Modified: 16 Nov 2010 14:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item