Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

RIANINGSIH, LELY PRATIWI (2015) Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (936kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (815kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakaksanakan pada siswa kelas VIII tepatnya pada kelas VIII F di SMP Negeri 14 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah: Siswa kelas VIII khususnya kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa SMP Negeri 14 Surakarta sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan, guru IPS SMP Negeri 14 Surakarta yang bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan, dan peneliti yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan penelitian. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah prestasi belajar siswa pada proses pembelajaran di kelas VIII mata pelajaran IPS dengan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pada observasi awal (pra siklus) diperoleh hasil bahwa siswa yang mencapai KKM yaitu sebesar 9 % atau sebanyak 3 siswa dari 34 siswa. Jadi sebesar 91 % atau sebanyak 31 siswa belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan. Kemudian dalam hasil belajar siswa melalui tes evaluasi yang dilaksanakan secara individu pada siklus I sedikit mengalami peningkatan, yaitu siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran IPS materi pasar dan harga pasar sebesar 32 % atau sebanyak 11 siswa dari 34 siswa. Karena masih banyak siswa yang belum dapat memenuhi KKM peneliti melakukan tindakan Discovery Learning pada siklus II, dengan tindakan tersebut diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi pasar dan harga pasar, yaitu sebesar 91 % atau sebanyak 31 siswa dari 34 siswa.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa “melalui pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: lely pratiwi
Date Deposited: 06 Jul 2015 04:25
Last Modified: 06 Jul 2015 04:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34187

Actions (login required)

View Item View Item