EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DEMI MENUNJANG KTSP ( PTK di kelas I SD Negeri Gentan I, Sukoharjo)

Nureini, Siti (2009) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DEMI MENUNJANG KTSP ( PTK di kelas I SD Negeri Gentan I, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410050017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
A410050017.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media lokal dalam model pembelajaran matematika realistik cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri Gentan I Sukoharjo tahun 2008/2009, kelas IA sebanyak 24 siswa dan kelas IB sebanyak 25 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru kelas I SD berkolaborasi dengan guru kelas IA dan kelas IB. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan konsep siswa. Kemampuan siswa mengkontruksikan soal ke dalam model matematika pada kelas IA dari 0% menjadi 62,5% dan pada kelas IB dari 12% menjadi 44%, kemampuan siswa mengerjakan soal ke depan kelas pada kelas IA dari 0% menjadi 12,5% dan pada kelas IB dari 8% menjadi 16%, keberanian siswa menjawab pertanyaan atau mengungkapkan ide pada kelas IA dari 33,3% menjadi 50% dan pada kelas IB dari 12% menjadi 44%, keaktifan siswa memanfaatkan sumber belajar yang ada pada kelas IA dari 41,6% menjadi 78,3% dan pada kelas IB dari 40% menjadi 65,2%. Nilai rata-rata siswa kelas IA dari 76,54 menjadi 97,83 dan nilai rata-rata siswa kelas IB dari 78 menjadi 87,83. Dapat disimpulkan penggunaan media lokal dalam pembelajaran matematika realistik dapat efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pemahaman_konsep, media_berkonteks_lokal, pembelajaran_matematika_realistik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jul 2009 01:37
Last Modified: 16 Nov 2010 14:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item View Item