UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SEKOLAH DASAR BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA (PTK di SDN 1 dan 2 Gentan kelas III Semester II Tahun Ajaran 2008/2009)

Susilowati, Ambar (2009) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SEKOLAH DASAR BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA (PTK di SDN 1 dan 2 Gentan kelas III Semester II Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050010.pdf

Download (94kB)
[img] PDF
A410050010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian tahun I di mana penelitian ini mengujicobakan rancangan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan-tindakan apa saja yang dilakukan guru kelas III SD Negeri Gentan 1 dan 2 Sukoharjo untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan mengetahui sejauh mana pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik. Subyek pemberi tindakan adalah peneliti dibantu guru matematika kelas III, sedangkan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Gentan sejumlah 36 siswa dan siswa kelas III SD Negeri 2 Gentan sejumlah 13 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskiptif kualitatif dengan metode alur. Melalui model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal Surakarta terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang dilihat dari aspek 1) kemampuan siswa dalam mengikuti skenario pembelajaran 2) keterampilan siswa dalam menggunakan media pembelajaran 3) kemampuan siswa dalam mengingat konsep yang telah dipelajari 4) Keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan guru 5) Kemampuan siswa dalam menyampaikan ide untuk menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari. Jadi terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapanmodel Pembelajaran Matematika Realistik berbasis media dan berkonteks lokal Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika Realistik, Media Berkonteks Lokal.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 03 Jul 2009 08:41
Last Modified: 16 Nov 2010 14:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item