Studi Komparasi Strategi Circ Dengan Strategi Team Pair Solo Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali

RAKHMAWATI, FITRIANA (2015) Studi Komparasi Strategi Circ Dengan Strategi Team Pair Solo Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (372kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh strategi CIRC (Cooperative Integrative Reading and Composition) dengan strategi Team Pair Solo terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah PK Boyolali, (2) manakah antara strategi CIRC (Cooperative Integrative Reading and Composition) dengan strategi Team Pair solo yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah PK Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Muhammadiyah PK Boyolali tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,180 > 2,008 dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas IIIA lebih besar dibandingkan kelas IIIB, yaitu 79,167 > 71,225. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi CIRC (Cooperative Integrative Reading and Composition) dengan strategi Team Pair Solo terhadap hasil belajar, (2) strategi CIRC (Cooperative Integrative Reading and Composition) lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi Team Pair Solo dalam menigkatkan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi CIRC, Team Pair Solo, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Jul 2015 08:04
Last Modified: 02 Jul 2015 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item