Peningkatan Keterampilan Mengarang Dalam Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif Pada Siswa Kelas V SDN Banyuagung II Surakarta Tahun 2013/2014

SETYATMOKO, AFRIADI NUR (2015) Peningkatan Keterampilan Mengarang Dalam Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif Pada Siswa Kelas V SDN Banyuagung II Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (449kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (268kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengarang dalam Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Banyuagung II Surakarta. Hipotesis tindakan adalah penerapan model pembelajaran Imajinatif dapat meningkatkan keterampilan mengarang dalam Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Banyuagung II Surakarta tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas V SDN Bayuagung II Surakarta tahun 2013/2014. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik pengamatan/ Observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan nilai tes antara siklus. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi perkembangan dan perubahan subjek setelah subjek diberikan perlakukan khusus atau dikondisikan pada situasi tertentu, dengan pembelajaran tindakan dalam kurun waktu tertentu dan berulang-ulang sampai program dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran imajinatif dapat meningkatkan keterampilan mengarang dalam bahasa indonesia siswa kelas V SDN Banyuagung II Surakarta tahun 2013/2014. Hal ini di tunjukan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada pra-siklus hanya 28 siswa atau 50%. Dengan tindakan siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 41 siswa atau 80%. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu 51 siswa atau 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keterampilan, mengarang, Model, pembelajaran Imajinatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Jul 2015 07:31
Last Modified: 02 Jul 2015 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item