Implementasi Metode PEmbiasaan Guna Menumbuhkan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran Akhlak DI SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

Aisyah, Siti (2015) Implementasi Metode PEmbiasaan Guna Menumbuhkan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran Akhlak DI SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk menumbuhkan karakter khususnya karakter religius tiap individu. Karakter religius merupakan salah satu karakter yang perlu dikembangkan dalam diri siswa untuk menumbuhkan perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Banyak sekali murid bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai agama Islam yang berlaku baik itu di sekolah maupun di masyarakat. Oleh karena itu karakter religius perlu diterapkan dan direalisasikan oleh lembaga pendidikan. Salah satunya di dalam pembelajaran akhlak, karena pembelajaran akhlak tersebut menanamkan nilai- nila karakter (kepribadian) yang baik bagi siswanya. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam menumbukan karakter religius yaitu dengan diterapkannya pembiasaan. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa dalam pembelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa dalam pembelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa serta untuk mendeskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa dalam pembelajaran akhlak di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Manfaat penelitian ini adalah sebagai khazanah keilmuan dalam bidang pengetahuan agama Islam khususnya dalam menumbuhkan karakter religius siswanya melalui metode pembiasaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research sumber data dari guru akhlak dan siswa serta dokumen di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan metode induktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan metode pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa yang diterapkan di SMP muhammadiyah 4 Sambi Boyolali yakni pembiasaan bersikap jujur, membiasakan salam dan berjabat tangan, hidup bersih dan sehat, salat ḍuḥā secara munfarid, salat zuhur berjamaah, tadarus Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek. (2) faktor pendukung yaitu dukungan dari seluruh warga sekolah dan masyarakat, sarana dan prasarana yang lengkap serta adanya jadwal piket bagi guru dalam pelaksanaan salat zuhur berjamaah. (3) faktor penghambat yaitu kurangnya orang tua dalam memantau pembiasaan putra putrinya di rumah karena banyak dari para orang tua yang bekerja jauh, adanya perbedaan perilaku dari masing-masing siswa, dan dampak negatif kemajuan teknologi seperti hand phone, game play station dan televisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Karakter religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: SITI AISYAH
Date Deposited: 14 Jul 2015 01:46
Last Modified: 14 Jul 2015 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34041

Actions (login required)

View Item View Item