Efektivitas Penggunaan Metode Debat Aktif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Keunggulan Iklim Di Indonesia Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP N 2 Colomadu

Tri Pamungkas, Nova and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Debat Aktif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Keunggulan Iklim Di Indonesia Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP N 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu pada keunggulan iklim di Indonesia sebelum mendapat pembelajaran dengan metode debat aktif dan (2) tingkat pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu pada keunggulan iklim di Indonesia sesudah mendapat pembelajaran dengan metode debat aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan metode debat aktif dan variabel terikat berupa tingkat pemahaman siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu sebanyak 272 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan Alpa Cronbrach. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya 0,719. Uji normalitas data menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil dari pretest menunjukkan nilai rata-rata kelompok kontrol 51,75 sedangkan nilai rata-rata kelompok eksperimen 49,59. Berdasarkan hasil penghitungan menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman siswa sebelum mendapat pembelajaran menggunakan metode debat aktif pada kelompok kontrol lebih baik daripada kelompok eksperimen. Hasil uji menunjukkan nilai Z hitung lebih kecil dari Z tabel (Zh : -11,172 < Zt : -1,645) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa (2) adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran IPS materi keunggulan iklim di Indonesia menggunakan metode debat aktif dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode debat aktif dan pembelajaran dengan menggunakan metode debat aktif teruji lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi keunggulan iklim di Indonesia. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Debat Aktif, Pemahaman Siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Debat Aktif, Pemahaman Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Nova Tri Pamungkas
Date Deposited: 02 Jul 2015 03:18
Last Modified: 11 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34008

Actions (login required)

View Item View Item