Komunikasi Organisasi Paguyuban Kampungrawa Ambarawa (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Internal Paguyuban Kampungrawa Ambarawa Kabupaten Semarang)

Genipurnama, Toppan (2015) Komunikasi Organisasi Paguyuban Kampungrawa Ambarawa (Studi Deskriptif Kualitatif Hubungan Internal Paguyuban Kampungrawa Ambarawa Kabupaten Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (676kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Download (301kB)

Abstract

Suatu perusahaan atau organisasi dikelola dangan suatu komunikasi. Dalam artian jika komunikasi yang dilakukan antar unit-unit kerja di dalam organisasi tersebut berjaan secara harmonis dan terstruktur maka organisasi tersebut akan semakin kokoh serta hubungan antar anggota dan kinerja anggotanya semakin meningkat. Komunikasi ini biasanya melibatkan seluruh elemen di dalam organisasi seperti anggota dengan anggota, anggota dengan organisasi, dan organisasi dengan organisasi lainnya. Adanya komunikasi internal di dalam organisasi yang baik akan mempengaruhi keharmonisan dan kerukunan antar anggota organisasi sehingga dapat mengurangi miscommunication yang sering mengakibatkan kesenjangan antar anggota di dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola aliran komunikasi yang terjadi di dalam internal organisasi Paguyuban Kampung Rawa Ambarawa di Kabupaten Semarang dengan kerukunan antar anggota paguyuban tersebut. Penelitian ini dilakukan di jl.Lingkar Ambarawa 03. Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang terjalin di dalam paguyuban kampungrawa ambarawa kabupaten semarang berjalan dengan baik dimana tiap marga tani dan anggotanya terjalin dengan harmonis, hal ini dapat dilihat dari kegiatan rapat rutin paguyuban yang diselenggarakan tiap 2 bulan sekali dimana dalam agenda rapat tersebut komunikasi keatas, kebawah, serta komunikasi horisontalnya berjalan dengan baik. Komunikasi internal yang terjadi di dalamnya sering digunakan dalam musyawarah untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di paguyuban tersebut. Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Pola Aliran Komunikasi, Hubungan Internal

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Pola Aliran Komunikasi, Hubungan Internal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Toppan Geni Purnama
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:11
Last Modified: 02 Jul 2015 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item