Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

MAUZUNA, MAUZUNA (2015) Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Nogosari Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (388kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data denggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda bersamaannya: Y = 4,858 + 0,027X1 + 0,026X2. Hasil analisis data diperoleh: (1) Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,414 > 2,074 dengan sumbangan relatif 53,6% dan sumbangan efektif 23,9%. (2) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,233 > 2,074 dengan sumbangan relatif 46,4% dan sumbangan efektif 20,7% (3) Pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui Fhitung>Ftabel yaitu 8,869 > 3,44. Uji determinasi diperoleh hasil sebesar 0,446 menunjukkan besarnya pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 44,6%, sisanya 55,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 01 Jul 2015 07:28
Last Modified: 01 Jul 2015 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33981

Actions (login required)

View Item View Item