Permainan Balok Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kognitif Anak

Widyastuti, Diah Sari and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Permainan Balok Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (638kB)
[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (616kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK Pertiwi Mlese Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2014/2015 dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak yang masih beragam. Hal ini disebabkan karena kegiatan di kelas masih berorientasi pada guru dan guru hanya memberikan kegiatan dan permainan yang monoton sehingga anak kurang tertarik dan cepat bosan. Sementara itu, penggunaan alat permainan edukatif kurang optimal dan keterbatasan media, guru hanya menggunakan lembar kerja siswa atau majalah untuk memberikan kegiatan didalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan balok terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK Pertiwi Mlese Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Possttest Design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Pertiwi Mlese Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis T test. Analisis uji hipotesis digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test. Hasil analisis data diperoleh hasil thitung = -8.397 dan -ttabel = -2.160, karena thitung < -ttabel = -8.397< -2.160 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan permainan balok terhadap kemampuan kognitif anak pada kelompok B di TK Pertiwi Mlese Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan balok, kemampuan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Diah Sari Widyastuti
Date Deposited: 02 Jul 2015 06:50
Last Modified: 08 Oct 2021 02:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33963

Actions (login required)

View Item View Item