UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF (PTK di SMP NEGERI I WONOSARI KLATEN Kelas VIII Tahun ajaran 2008/2009)

ALHADIID , ABU (2009) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF (PTK di SMP NEGERI I WONOSARI KLATEN Kelas VIII Tahun ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040203.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A410040203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan keaktifan siswa matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus dan teorema phytagoras. Penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri I Wonosari yang berjumlah 40 anak, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu observasi, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan kreativitas dan keaktifan melalui pendekatan metakognitif. Peningkatan kreativitas siswa dalam a)Kreativitas menjawab pertanyaan meningkat menjadi 70%, b) Kreativitas mengidentifikasi ide meningkat menjadi 75%, sedangkan peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari a) Keaktivan maju ke depan meningkat menjadi 80%, b) Keaktifan bertanya meningkat menjadi 70%, dan c) Keaktifan memanfaatkan sumber belajar meningkat menjadi 90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Metakognitif, kreativitas, keaktifan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 03 Jul 2009 07:41
Last Modified: 31 Jan 2011 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item