Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengakselerasi Motivasi Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Melalui Metode Peer Teaching Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Rizkasari, Anggraini Dian and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. Ma'arif Jamuin, M.Si. (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengakselerasi Motivasi Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Melalui Metode Peer Teaching Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (908kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

Di SMK Negeri 9 Surakarta, guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam kegiatan BTA. Agar siswa mampu mengkikuti kegiatan belajar BTA dengan baik seorang guru PAI harus mampu membangkitkan motivasi pada diri anak sehingga kegiatan belajar BTA akan berhasil sesuai yang diharapkan. Dalam kegiatan BTA di kelas guru melihat siswa akan merasakan bosan saat kegiatan ini berlangsung, maka dari itu tugas seorang guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa agar mereka paham dengan materi BTA yang diajarkan, maka dengan menggunakan metode peerteaching sangat membantu dalam mengakselerasi motivasi BTA siswa dan bisa memahami materi yang telah disampaikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) aspek apa saja yang digunakan guru PAI dalam mengakselerasi motivasi BTA.(2) bagaimana upaya guru PAI dalam mengakselerasi Motivasi BTA.(3) adakah akselerasi motivasi BTA melalui metode peerteaching. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan aspek yang diguinakan guru PAI dalam mengakselerasi motivasi BTA, untuk mengetahui dan mendiskripsikan upaya guru PAI dalam megakselerasi motivasi BTA, untuk mengetahui dan mendiskripsikan akselerasi motivasi BTA melalui metode peerteaching. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan adalah guru PAI dan siswa . metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dengan pola pemikiran deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek yang digunakan guru PAI dalam mengakselerasi motivasi BTA adalah membaca dan menulis. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengakselerasi motivasi BTA adalah dengan menyadarkan siswa akan kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Dengan menggunakan metode peerteaching terbuki dapat mengakselerasi motivasi BTA karena saat kegiatan BTA berlangsung siswa lebih giat belajar dengan teman sendiri karena mereka tidak malu bertanya bagi yang belum bisa, siswa lebih tekun menghadapi tugas yang diberikan oleh guru, siswa lebih bersemangat untuk belajar BTA untuk mendapatkan nilai yang baik, siswa lebih berminat untuk belajar karena yang mengajarkan adalah teman mereka sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Akselerasi Motivasi BTA, Metode Peerteaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Anggraini Dian Rizkasari
Date Deposited: 03 Jul 2015 03:31
Last Modified: 12 Oct 2021 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item