Metode Eksperimen Berpengaruh Terhadap Kemampuan Sains Anak

Sari, Nita Ratna (2015) Metode Eksperimen Berpengaruh Terhadap Kemampuan Sains Anak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKSI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (780kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN ARTIKEL PUB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains anak yang masih beragam. Hal ini disebabkan salah satunya karena metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode pemberian tugas dimana metode tersebut kurang memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan percobaan-percobaan sehingga anak belum paham mengenai sebab dan akibat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains pada anak kelompok B TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental design jenis one group pretest-possttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Sribit Kecamatan Delanggu Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data kemampuan sains yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian diperoleh kemampuan sains anak kelompok B pada pretest sebesar 305 dan posttest 435. Hasil analisis data uji t diperoleh bahwa thitung< -ttabel = -6.149 < -2.051. Hal ini menunjukkan bahwa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, kemampuan sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nita Ratna Sari
Date Deposited: 02 Jul 2015 07:27
Last Modified: 04 Jul 2015 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33950

Actions (login required)

View Item View Item