Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Aktivitas Dan Leverage Terhadap Harga Saham Perusahaan Food And Beverage (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Selfina Helvi, Helvi (2015) Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Aktivitas Dan Leverage Terhadap Harga Saham Perusahaan Food And Beverage (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio profitabilitas, aktivitas dan leverage terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Harga saham adalah harga yang terjadi di pasar bursa pada waktu tertentu yang tentukan oleh pelaku pasar yaitu permintaan dan penawaran pasar. Harga saham dapat berubah dari waktu ke waktu. Apabila perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan akan banyak diminati oleh para investor. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverages periode 2011-2013. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) periode 2011-2013. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 17 perusahaan dengan 51 data. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis yang meliputi uji t, uji F dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil analisis data, uji t diketahui bahwa secara parsial variabel ROA dan DER mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel TATO memiliki nilai yang negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel ROA, TATO dan DER mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R²) sebesar 0,813%. Hal ini berarti 81,3% menunjukkan bahwa variasi dari harga saham dapat dijelaskan oleh variabel ROA, TATO dan DER, sedangkan sisanya 18,7% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return on Assets, Total Assets Turnover, Debt to Equity Ratio dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Helvi Selfina
Date Deposited: 01 Jul 2015 07:20
Last Modified: 01 Jul 2015 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item