Implementasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 3 Pati Tahun Ajaran 2014/2015

Setyoasih, Wahyu (2015) Implementasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 3 Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (679kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini kepala sekolah, guru ekonomi, dan siswa kelas X IPS. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data triangulasi yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini didapat bahwa dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memiliki kendala saat kegiatan menanya dan mencoba. Dalam kegiatan menanya dari 33 siswa yang aktif mencapai 20 siswa, sedangkan yang 13 hanya diam dan mendengarkan saja, ini dikarenakan kurangnya keberanian siswa mengajukan pertanyaan, kurangnya motivasi guru, siswa banyak yang ramai sendiri dan guru kurang tegas. Kegiatan mencoba dari 33 siswa yang aktif mencapai 27 siswa, sedangkan yang 6 siswa hanya menunggu teman kelompoknya mengerjakan sedangkan guru hanya mendiamkan atau kurang tegas, siswa berbicara sendiri dengan temannya yang tidak aktif dalam kegiatan mencoba. Dari kendala tersebut, untuk kegiatan menanya guru harus menegur anak didiknya saat siswa ramai sendiri, memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan rasa keingintahuannya terhadap apa yang mereka amati, misalnya menampilkan gambar yang lebih menarik kemudian rasa keingintahuan siswa itu muncul dan bertanya. Kegiatan mencoba guru harus lebih keanaknya, jika ada yang tidak aktif dalam kelompok harus ditegur agar siswa tersebut ikut berpartisipasi dan mengantisipasi kelompok dalam jumlah anggota yang banyak, sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar karena siswa berperan aktif dalam semua kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peniliti menyimpulkan bahwa pembelajaran telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ada di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan berjalan dengan baik meskipun ada beberapa hambatan saat proses pembelajaran yaitu pada saat kegiatan menanya dan mencoba yang di dalam kegiatannya ada beberapa kendala. Selain itu guru kurang tegas dalam menyikapi anak didiknya. Kata kunci: pembelajaran, pendekatan saintifik, mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pendekatan saintifik, mata pelajaran ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Wahyu Setyoasih
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:35
Last Modified: 02 Jul 2015 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33908

Actions (login required)

View Item View Item