USAHA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LIMIT TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMU Negeri Ampel)

SUPINI , SRI (2009) USAHA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LIMIT TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI-IPA SMU Negeri Ampel). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040174.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
A410040174.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep limit trigonometri yang dilihat dari tingkat pemahaman konsep siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI-IPA SMU Negeri 1 Ampel, yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi tes dan observasi, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep limit trigonometri. Hal ini dapat dilihat dari: 1) tingkat pemahaman konsep siswa meliputi: a) mengerjakan soal-soal yang diberikan guru meningkat dari 48,57% menjadi 83,33%), b) bertanya hal yang belum jelas meningkat dari 25,71% menjadi 72,22%, c) mengerjakan soal ke depan kelas meningkat dari 31,43% menjadi 77,78%, d) maju ke depan kelas untuk menjelaskan kepada siswa lain meningkat dari 20,00% menjadi 69,44%, 2) hasil belajar matematika diperoleh dari hasil nilai siswa yang mendapatkan nilai > 60,00 pada tiap putaran mengalami peningkatan yaitu pada putaran 1 mencapai 45,95%, pada putaran II mencapai 62,85% dan pada putaran III mencapai 77,78%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pemahaman-konsep, pemecahan-masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 08:46
Last Modified: 16 Nov 2010 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item