Analisis Pengaruh Profitabilitas, Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI

Andriyani, Dessy Ratna (2015) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 1)
04. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (BAB IV)
08. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BAB V)
09. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Harga saham dipasar modal dipengaruhi oleh beberap faktor di antaranya kinerja keuangan. Analisis fundemental melalui perhitungan rasio-rasio keuangan merupakan salah satu indikator kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ROA, ROE, EVA dan MVA terhadap harga saham. Tugas dari seorang manajer adalah mengambil keputusan secara tepat untuk perusahaan. Bagi manajer keuangan, salah satu tugasnya adalah mengambil keputusan dalam menganilisis penyajian laporan keuangan perusahaan. Seorang manajer keuangan terlebih dahulu perlu memahami kondisi keuangan perusahaannya. Untuk memahaminya perlu dilakukan suatu analisis laporan keuangan yang digunakan dalam perusahaan yang dipimpinnya. Penelitian ini menggunakan metode studi empiris dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang go publik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar go publik di BEI. Sampel dalam penelitian ini adalahsebagian dari perusahaan manfaktur di BEI pada periode 2011-2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang data diperoleh dari Indonesian Capital Market Dectory (ICMD). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji f secara simultaan menunjukan bahwa ROA, ROE, EVA dan MVA secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap harga saham. Dan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa variabel ROA dan MVA berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur secara parsial, sedangkan variabel EVA dan ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kata kunci: ROA, ROE, EVA, MVA dan Harga Saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, EVA, MVA DAN HARGA SAHAM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dessy Ratna Andriyani
Date Deposited: 13 Jul 2015 05:24
Last Modified: 13 Jul 2015 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33858

Actions (login required)

View Item View Item