PERSEPSI MAHASISWA MATEMATIKA TENTANG PROFESI GURU (Studi Analisis Terhadap Mahasiswa Matematika Angkatan 2005 Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Zulkarnen , M. (2009) PERSEPSI MAHASISWA MATEMATIKA TENTANG PROFESI GURU (Studi Analisis Terhadap Mahasiswa Matematika Angkatan 2005 Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040169.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
A410040169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi yang melandasi mahasiswa menjadi guru dan mendiskripsikan persepsi mahasiswa tentang beberapa aspek pada profesi guru. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa matematika angakatan 2005 Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan biasa dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, rediksi data, penyajian data, kesimpulan. Dalam penelitian ini keabsahan data dilakukan dengan, triangulasi metode serta member check. Hasil penelitian 1) Motivasi yang melandasi mahasiswa mengeluti profesi guru yaitu ingin mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik, keinginan mendidik anak didik, menuruti keinginan orang tua, 2) persepsi mahasiswa tentang peranan metode pembelajaran yaitu metode sangat berperan untuk keaktifan dan pemahaman peserta didik, perlu adanya langkah langkah sebelum menggunakan metode pembelajaran yaitu kemampuan peseta didik, materi, alokasi waktu, sarana prasarana, mahasiswa berpendapat pengelolaan kelas sangat berpengaruh terhadap pembelajaran, beberapa model pengelolaan kelas yaitu formasi tempat duduk, pembagian kelompok, evaluasi pembelajaran mempunyai fungsi untuk guru maupun peserta didik, mahasiswa mengetahui tanggung jawab guru tidak hanya mengajar akantetapi juga membeimbing peserta didik agar memiliki moral yang baik. dan 3) mahasiswa menganggap bahwa kesejahteraan guru saat ini belum mensejahterakan guru, guru perlu membuka usaha sampingan, fasilitas untuk guru untuk melaksanakan pembelajaran masih kurang. Berdasarkan hasil penilitian, peneliti menyarankan agar mahasiswa segera untuk meninjau ulang motivasi yang hadir dalam benak mahasiswa karena tugas guru bukanlah profesi yang sembarangan namun butuh pengorbanan , selain itu mahasiswa perlu kembali mempelajari tentang tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh guru terhadap peserta didik. Hendaknya guru tetap bersemangat untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik meskipun fasilitas yang ada kurang memadai dan guru juga perlu sungguh-sunguh dalam memberikan bimbingan moral kepada peserta didik karena saat ini banyak terlihat kenakalan remaja dan tindak kriminalm yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dan disarankan kepada peneliti berikutnya, hendaknya dalam mengadakan penelitian yang sejenis agar lebih mendalam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Tugas guru, Tanggung jawab, Kesejahteraan guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 08:32
Last Modified: 31 Jan 2011 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item