EKPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N I WONOSARI TAHUN AJARAN 2008/2009

PRASANTI, INDRIANA DIAN (2009) EKPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP N I WONOSARI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040154.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A410040154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara metode pembelajaran tipe TAI dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Persamaan linear satu variabel (PLSV). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N I Wonosari tahun ajaran 2008/2009. Sebagai sampel diambil 2 kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Pengujian prasarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis analisis data adalah teknik variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan α = 5 % dapat disimpulkan bahwa ; (1) Tidak ada pengaruh metode pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar, dengan Fhit = 3,2619. (2) Ada pengaruh intensitas belajar dengan siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fhit = 13,305. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan intensitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fhit = 0,487. Penelitian ini menyimpulkan bahwa intensitas belajar siswa ada pengaruh terhadap prestasi belajar matematika, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel (PLSV).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TAI, PLSV, Intensitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 08:07
Last Modified: 02 Jan 2012 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item