UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL GEOMETRI DI DEPAN KELAS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK Kelas V SD Muhammadiyah 11 Surakarta)

RUSTANTI , RUSTANTI (2009) UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL GEOMETRI DI DEPAN KELAS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK Kelas V SD Muhammadiyah 11 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040116.pdf

Download (28kB)
[img] PDF
A410040116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan keberanian siswa dalam mengerjakan soal geometri di depan kelas setelah pembelajaran RME, 2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, test, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Setelah pembelajaran RME terdapat peningkatan keberanian siswa dalam mengerjakan soal geometri di depan kelas yaitu pada kondisi awal sebanyak 21,04%, putaran I sebesar 33,33%, putaran II sebesar 44,44%, putaran III sebesar 63,62%, dan 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VSD Muhammadiyah 11 Surakarta pada tiap putarannya, yaitu kondisi awal sebesar 36,84%, putaran I sebesar 55,56%, putaran II sebesar 66,66%, dan putaran III 84,21%. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran matematika realistik, keberanian siswa dalam mengerjakan soal geometri di depan kelas mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keberanian, Prestasi, Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 07:47
Last Modified: 16 Nov 2010 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3371

Actions (login required)

View Item View Item