EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VIII SMP N I Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009)

WIJAYANTI, RINA DWI (2009) EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VIII SMP N I Wonosari Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040106.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A410040106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N I Wonosari tahun ajaran 2008/2009. Sebagai sampel diambil 2 kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebelum dilakukan perlakuan penelitian dilakukan uji keseimbangan untuk mengetahui kemampuan awal yang sama dengan menggunakan uji t, uji analisis yang digunakan adalah uji t-test. Teknik analisis data adalah analisis variansi dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhit = 19,62, (2) ada pengaruh aktivitas belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhit = 165,67, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran matematika dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhit = 2,02. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning dan aktivitas belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, SPLDV, Aktivitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 07:41
Last Modified: 16 Nov 2010 15:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item