Pemanfaatan Multimedia Oleh Guru Mata Pelajaran Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Murti, Anjani Wira (2015) Pemanfaatan Multimedia Oleh Guru Mata Pelajaran Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (579kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Multimedia berbasis komputer dimanfaatkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Untuk mencapai proses pelajaran yang optimal dapat memanfaatkan multimedia berbasis komputer perpaduan antara audio, visual, dan audio visual yang dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran Akhlak untuk mempermudah jalanya proses pembelajaran. Maka, penulis tertarik untuk meneliti tentang ”Pemanfaatan Multimedia oleh Guru Mata Pelajaran Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah bagaimana pemanfaatan multimedia oleh guru mata pelajaran Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan multimedia oleh guru mata pelajaran akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah Sebagai sumber pemikiran dan bahan masukan dalam pembelajaran agar dapat memanfaatkan multimedia dalam pembelajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan metode induktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai pembelajaran yang efektif guru yang kreatif dan inovatif sangat penting dalam proses pembelajaran serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu cara guru untuk mengajak siswa agar lebih tertarik dalam belajar, dengan memanfaatkan multimedia berbasis komputer. Guru pada mata pelajaran Akhlak menggunakan multimedia tersebut dalam pelajaran dengan menampilkan power point yang berisi materi serta penampilan video yang menarik. Dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dalam pelajaran, mampu mmeningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat ketika dalam proses belajar mengajar berlangsung siswa menunjukan aktivitas yang positif diantarannya, siswa nampak senang dan aktif ketika pelajaran dengan menggunakan multimedia, dengan menggunakan multimedia dalam pelajaran siswa lebih mudah menerima pelajaran karena materi pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Anjani Wira Murti
Date Deposited: 25 Jun 2015 07:35
Last Modified: 27 Jun 2015 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33649

Actions (login required)

View Item View Item