EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK LKS PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 CEPU

Kusumawati, Luky (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK LKS PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 CEPU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] Microsoft Word
A410040098.doc

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF
A410040098.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A410040098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan metode diskusi dengan teknik LKS lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran matematika yang hanya menggunakan metode diskusi saja. Sampel penelitian ini adalah dua kelas sebanyak 80 siswa, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang diambil secara acak. Untuk mengetahui keseimbangan kedua sampel maka perlu dilakukan uji F (uji mathching) terlebih dahulu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Metode Test, yaitu metode untuk mengumpulkan data dengan menggunakan soal-soal, (2) Metode Dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku dan sebagainya. dan (3) Metode Riview, metode untuk mengungkapkan tanggapan guru secara tertulis mengenai inisiatif dari reaksi siswa dalam pembelajaran matematika setelah penelitian selesai dilakukan. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan (1) Uji Normalitas, dengan uji lilliefors untuk mengetahui apakah ada data dari kedua sampel normal dan (2) Uji Homogenitas, dengan uji Bartlett untuk mengetahui bahwa sampel berasal dari populasi yang sama. Kemudian analisa data menggunakan rumus uji t. Dari perhitungan diperoleh harga thitung = 2.275 sedangkan ttabel = 1.960 pada taraf signifikasi 5% dan db = 78. Sehingga thitung > ttabel. Efektivitas salah satunya dapat dilihat dari mean kedua kelas, dimana mean kelas eksperimen = 82.18 dan mean kelas kontrol = 79.63. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode diskusi dengan teknik LKS dan pembelajaran yang hanya menggunakan metode diskusi saja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Efektivitas, Diskusi, Pembelajaran-Matematika, Lembar-Kerja-Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 02 Jul 2009 03:01
Last Modified: 16 Nov 2010 15:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item