Pengelolaan Kelas Inklusi di SD N 3 Banyudono Boyolali Th 2014

Bardi, Bardi and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Eko Supriyanto, SH. MH (2015) Pengelolaan Kelas Inklusi di SD N 3 Banyudono Boyolali Th 2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI ILMIAH)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (781kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
TESIS INKLUSI PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran Kelas Inklusi; 2) Proses pembelajaran di Kelas Inklusi; 3) Partisipasi masyarakat pada pembelajaran kelas Inklusi di SD Negeri 3 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari orang tua siswa SD Negeri 3 Banyudono sejumlah 30 orang terdiri 6 kelas SD Negeri 3 Banyudono penyelenggara pembelajaran inklusi di kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali, peserta didik dari tiga (3) kelas inklusi di SD Negeri 3 Banyudono dan 13 orang guru, kepala sekolah dan karyawan sebagai informan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen. Tehnik analisa data yang digunakan diskriptif kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 3 Banyudono yang menghasilkan kesepahaman semua guru, TU dan orang tua serta dapat menciptakan komunikasi kondusif antara siswa regular dan ABK; 2) Proses pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 3 Banyudono mengalami banyak kendala dikarenakan perlu penambahan guru pendamping khusus, keterbatasan ruang kompensatoris, belum adanya kerjasama dengan tenaga ahli, alat peraga dan aksebilitas yang terbatas bagi ABK; 3) Partisipasi masyarakat pada pembelajaran kelas inklusi di SD Negeri 3 Banyudono mendapat partisipasi orangtua, masyarakat dan komite yang mendukung program inklusi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas Inklusi, Pembelajaran Inklusi, Partisipasi Masyarakat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Bardi
Date Deposited: 25 Jun 2015 02:14
Last Modified: 12 Oct 2021 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33593

Actions (login required)

View Item View Item