Implementasi Tipe Kepemimpinan Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 03 Tohudan Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014

Wiyati, Shinta Febri and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2015) Implementasi Tipe Kepemimpinan Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di SD Negeri 03 Tohudan Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (814kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik guru SD Negeri 03 Tohudan Colomadu Karanganyar, untuk mendiskripsikan tipe kepemimpinan guru dalam membina kedisiplinan siswa dan untuk mengidentifikasi cara dan langkah Penegakan disiplin. Pendekatan penilaian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah: guru-guru di SDN 03 Tohudan. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan instrumen penelitian. Analisis data dilakukan dengan reduksi data , penyajian data, dan verivikasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Menjadi pendidik bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan pada peserta didik lalu selesai, namun nilai-nilai karakter pribadi hendaklah mewarnai bahkan mengiringi pribadinya. Guru di SD Negeri 03 Tohudan memiliki karakteristik yang baik, mereka berusaha memberikan contoh teladan yang baik bagi para muridnya agar para siswa di SD Negeri 03 Tohudan dapat menaati peraturan dan bersikap disiplin. (2) Kedisiplinan di sekolah harus diutamakan, karena disiplin merupakan langkah awal untuk menuju tercapainya pendidikan dan pengajaran, tidak mungkin pendidikan dan pengajaran dapat berjalan dengan baik jika disiplin pada suatu sekolah kurang dilaksanakan. (3) Penegakkan kedisiplinan di sekolah sangat dibutuhkan, karena tanpa kedisiplinan tentu peserta didik kita akan jauh dari keteraturan terutama dalam tata tertib sekolah maupun keseriusan dalam pendidikannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, disiplin, dan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:53
Last Modified: 12 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item View Item