Tingkat Kesiapan Guru Dan Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Dalam Kurikulum 2013 Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Rahmawati, Nopiana Dewi (2015) Tingkat Kesiapan Guru Dan Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Dalam Kurikulum 2013 Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (564kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman, untuk itu pemerintah selalu mengkaji penggunaan kurikulum pada setiap satuan pendidikan. Guru memegang peran penting dalam perubahan dan implementasi Kurikulum 2013. Faktor utama keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah kesesuaian kompetensi pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta terhadap kurikulum 2013. (2) Persepsi personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta terhadap implementasi bertahap kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA. (3) Hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta.(4)Persepsi RPP. Jenis Penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu personal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi 9 personal SMP Muhammadiyah 2 SurakartaterhadapKurikulum 2013 seimbang antara persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif berasal dari unsure 1, 2 dan unsure 3 dalam Kurikulum 2013. Sedangkan, persepsi negative berasal dari unsure 4 dan unsure 5 dalam Kurikulum 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi implementasi kurikulum 2013, pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nopiana Dewi Rahmawati
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:41
Last Modified: 23 Jun 2015 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33563

Actions (login required)

View Item View Item