Tingkat Pemahaman Guru Mengenai Penerapan KUurikulum 2013 Ditinjau Dari Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SMA NEGERI 1 Geyer Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015

Cahyaningrum, Andika Dwi (2015) Tingkat Pemahaman Guru Mengenai Penerapan KUurikulum 2013 Ditinjau Dari Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SMA NEGERI 1 Geyer Purwodadi Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (513kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (321kB)

Abstract

Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan. Berbagai pendapat yang berkembang dengan adanya perubahan kurikulum menunjukkan guru memegang peranan penting dalam perubahan kurikulum. Faktor utama penentu keberhasilan kurikulum adalah Pemahaman guru terhadap inti dari kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji tingkat pemahaman guru tentang kurikulum 2013 ditinjau dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Geyer Purwodadi. Jenis dari penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan strategi berupa studi kasus. Sumber data dari hasil observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil data dari wawancara diperoleh dari 1 guru dengan menggunakan total populasi untuk mengetahui tingkat pemahaman guru tentang kurikulum 2013 ditinjau dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaannya di SMA Negeri 1 Geyer Purwodadi . Data dianalisa dengan teknik triangulasi yaitu memadukan dan menggeneralisasikan hasil data dalam kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru biologi di SMA Negeri 1 Geyer sudah baik mengenai pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pedoman ayng dikeluarkan oleh pemerintah dan juga guru tersebut sudah bagus dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tingkat pemahaman guru mengenai kurikulum 2013 terutama dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pelaksanaannya di dalam kelas sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Andhika Dwi Cahyaningrum
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:47
Last Modified: 13 Jul 2015 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33557

Actions (login required)

View Item View Item