Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Jagoan 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Nugraheni, Dwi Fajar (2015) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Jagoan 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa, serta seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI SD Negeri Jagoan 1 yang berjumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif, dengan variabel bimbingan belajar orang tua sebagai variabel bebas atau variabel X sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat atau variabel Y. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian angket menggunakan skala Likert. Untuk uji validitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas metode Liliefors dan uji linieritas. Pada analisis data digunakan uji keberartian regresi sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t, uji koefisien determinasi dan uji keberartian regresi. Hasil analisis regresi diperoleh Y = 12,767 + 0,755X. Untuk hasil analisis data uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung(9,045) > ttabel(2,008). Karena thitung berada di daerah penolakan H0 maka ada pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar. Untuk hasil uji koofisien determinasi diperoleh r square atau r2 sebesar 0,639 yang berarti 63,9% nilai variabel Y dapat dipengaruhi oleh variabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Jagoan 1 tahun pelajaran 2014/2015, 2) pengaruh yang diberikan oleh variabel bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 63,9%, sedangkan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, belajar, orang tua, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jun 2015 03:20
Last Modified: 23 Jun 2015 03:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33550

Actions (login required)

View Item View Item