Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Melalui Metode Student Facilitator and Explaining (Studi Kasus Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

Apriyani, Alif Hidayah and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag, and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2015) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Melalui Metode Student Facilitator and Explaining (Studi Kasus Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (592kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Melalui Metode Student Facilitator and Explaining (Studi Kasus Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015) Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami suatu mata pelajaran, biasanya dinyatakan dengan nilai yang berupa huruf atau angka-angka. Upaya peningkatan hasil belajar merupakan usaha yang dilakukan peserta didik guna menentukan tingkat keberhasilan dalam mengetahui dan memahami suatu materi pelajaran dari proses pengalaman belajar yang diukur dengan tes. Melalui proses belajar mengajar diharapkan siswa memperoleh kepandaian dan kecakapan tertentu serta perubahan-perubahan pada dirinya. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan suatu model pembelajaran di mana siswa mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan metode Student Facilitator And Explaining dan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode Student Facilitator And Explaining di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi Iman Kepada Malaikat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), karena data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiyah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setalah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu, setelah semua data yang diperlukan telah terkumpul kemudian disusun dan diklasifikasikan, selanjutnya dianalisis kemudian diintepretasikan dengan kata-kata sedemikian rupa untuk menggambarkan objek-objek penelitian di saat penelitian dilakukan, sehingga diambil kesimpulan secara proporsional dan logis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, ketrampilan siswa dalam memecahkan masalah dalam materi Iman Kepada Malaikat melalui penerapan metode Student Facilitator And Explaining di SMK Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Siswa melakukan diskusi dengan teman-temannya dan menyampaikan pendapatnya di depan kelas, hal tersebut dapat dilihat dari hasil peningkatan belajar sebelum penerapan metode Student Facilitator And Explaining, siswa mendapat nilai diatas 75 ke atas hanya 15 siswa dari 33 siswa. Selanjutnya setelah dilakukan penerapan metode Student Facilitator And Explaining siswa yang mendapat nilai diatas 75 keatas 25 siswa dari 33 siswa. Kata kunci: metode Student Facilitator And Explaining, hasil belajar dan iman kepada malaikat

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Student Facilitator And Explaining, hasil belajar, dan iman kepada malaikat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ALIF HIDAYAH APRIYANI
Date Deposited: 22 Jun 2015 07:21
Last Modified: 12 Oct 2021 13:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item