Analisis Keunggulan Kompetitif Produk Pewarna Alami Berdasarkan Strategi Harga Jual

Cahyari, Ratri and , Drs. M. Farid Wajdi, M.M., Ph. D and , Dr. Anton Agus Setyawan, M.Si. (2015) Analisis Keunggulan Kompetitif Produk Pewarna Alami Berdasarkan Strategi Harga Jual. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (961kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia saat ini sedang mengembangkan perekonomian kreatif menghadapi persaingan bisnis yang ketat. Industri kreatif dituntut untuk menunjukan keunggulan kompetitifnya dari segi kualitas maupun harga. Harga ditentukan dari informasi biaya yang digambarkan dalam harga pokok penjualan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi harga jual produk pewarna alami dan menyusun strategi harga yang tepat. Dari hasil penelitian ditemukan adanya beberapa komponen biaya yang tidak diperhitungkan dalam harga pokok penjualan sehingga menyebabkan harga jual produk sekarang sebesar Rp 7.000,00/liter tidak dapat memenuhi 20% laba sesuai tujuan perusahaan. Dari hasil analisa harga pokok penjualan diperoleh harga jual yang tepat sebesar Rp 11.000-Rp 20.000/liter. Kesuksesan sebuah perusahaan harus didukung oleh strategi harga yang tepat. Strategi ini ditentukan dari proses produksi yang digunakan dan harga yang ditentukan. Strategi harga selalu berbeda-beda sesuai dengan tahap siklus produk. Pada studi kasus produk pewarna alami ini disusun strategi harga sebagai berikut. Pada tahap pengenalan produk menggunakan skim milk price strategy. Pada tahap pertumbuhan produk menggunakan strategy of product line prices, strategy of global product price, dan captive product price strategy. Pada tahap kematangan produk menggunakan proper defense strategy, geographic criteria pricing strategy, rebates-bonus strategy, dan survival strategy. Sedangkan pada tahap penurunan produk menggunakan price reduction strategy dan price increase strategy.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pewarna alami, harga pokok penjualan, penentuan harga jual, strategi harga
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ratri Cahyari
Date Deposited: 19 Jun 2015 06:57
Last Modified: 12 Oct 2021 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33459

Actions (login required)

View Item View Item