Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Ditinjau Dari Penggunaan Modul Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015

SANTANA, Andy (2015) Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Ditinjau Dari Penggunaan Modul Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
PDF NASKAH PUBLIKASI NEW.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN AWAL.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
10. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII program reguler MTs Negeri Sukoharjo Tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil sebanyak 149 siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: hasil belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 21,483+ 0,618X1 + 0,849X2, Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dipengaruhi oleh penggunaan modul dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penggunaan modul berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 3,903 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 36,7% dan sumbangan efektif 29,25%. 2)Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,568 > 1,960 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 63,3% dan sumbangan efektif 50,45%. 3) Penggunaan modul dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 286,891 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,797 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan modul dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 adalah sebesar 79,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan modul, kemandirian belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: ANDY SANTANA
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:22
Last Modified: 23 Jun 2015 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33458

Actions (login required)

View Item View Item