Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kegiatan Mentoring Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2014/2015)

Afiyanto, Muhammad and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag. (2015) Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kegiatan Mentoring Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan (Studi Kasus di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
REVISI NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI TERBARU.pdf

Download (497kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (833kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (BAB VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Salah satu permasalahan mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah mahasiswa kurang mengamalkan nilai-nilai keislaman di lingkungan kampus. Hal ini, dibuktikan banyak mahasiswa yang memiliki kepribadian dan akhlak jauh dari nilai-nilai keislaman. Hampir seluruh fakultas di Universitas Muhammadiyah Surakarta terdapat mahasiswa yang belum mengamalkan nilai-nilai keislaman secara sempurna. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta juga demikian. Maka dari itu, perlu dilakukan suatu proses penanaman nilai-nilai keislaman agar mahasiswa dapat mengamalkan nilai-nilai keislaman secara sempurna. Nilai-nilai keislaman yang dimaksud adalah nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha penanaman nilai-nilai keislaman mahasiswa melalui kegiatan Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Khususnya, usaha-usaha nyata yang dilakukan pengurus Mentoring dan juga pementor dalam mengatasi berbagai macam hambatan pelaksanaan Mentoring. Penelitian ini, merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran, baik secara individu maupun kelompok. Tempat penelitian ini tepatnya dilakukan di lingkungan Fakultas Teknik UMS Kampus Unit II. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Fakultas Teknik UMS penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Di akhir penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai keislaman melalui kegiatan Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Fakultas Teknik UMS terdapat tiga penilaian, yaitu: nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Nilai akidah merupakan nilai yang berupa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh setiap mahasiswa, seperti mentauhidkan Allah SWT. Nilai ibadah merupakan nilai yang mencakup segala perbuatan yang disukai dan diridhai oleh Allah SWT, seperti: sholat, zakat, puasa. Dan Nilai Akhlak merupakan segala hal yang berkaitan dengan sifat yang tertanam dalam jiwa seorang mahsiswa seperti disiplin, tepat waktu, menghargai teman yang berbicara, dan lain-lain. Kata kunci: Nilai-nilai Keislaman, Mentoring, Mahasiswa Fakultas Teknik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Keislaman, Mentoring, Mahasiswa Fakultas Teknik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: muhammad afiyanto
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:31
Last Modified: 12 Oct 2021 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33434

Actions (login required)

View Item View Item