Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Cooperative Learning Tipe NHT (Number Head Together) Pada Siswa Kelas VIII (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Surakarta)

Wahyuni, Ulfah Husniah and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Dr. Ari Anshori, M.Ag (2015) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Cooperative Learning Tipe NHT (Number Head Together) Pada Siswa Kelas VIII (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (484kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (30kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Variabel yang menjadi sasaran dalam penelitian tindakan kelas adalah hasil belajar dan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cooperative learning tipe NHT (Number Head Together). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Subjek diambil peneliti dilakukan secara klasikal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas demokratis denganmembentuk triangulasi sumber. Teknik analisi data menggunakan model analisisinteraktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus 1 menunjukkan peningkatanhasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rata-ratanya 73 dengan persentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 25 % sedangkan persentase nilai di bawah KKM 75 %. Aktivitas belajar pada siklus I menunjukkan peningkatan aktivitas belajar sebanyak 60 %. Pada siklus II menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rataratanya 79 dengan persentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 70 % sedangkan persentase nilai di bawah KKM 30 %. Aktivitas belajar pada siklus II menunjukkan peningkatan aktivitas belajar sebanyak 70 %. Pada siklus III menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, nilai rata-ratanya 87 dengan persentase nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 80 % sedangkan persentase nilai di bawah KKM 20 %. Aktivitas belajar pada siklus III menunjukkan peningkatan aktivitas belajar sebanyak 80 %. Demikian melalui model cooperative learning tipe NHT (number head together) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, tipe NHT (Number Head Together)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Ulfah Husniah
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:43
Last Modified: 12 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33424

Actions (login required)

View Item View Item