Pendidikan Karakter Model Baitul Arqam Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta (Studi Kasus Baitul Arqam Studi Islam 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta di Pondok Shabran Tahun 2014)

AFIANTO, Dodi (2015) Pendidikan Karakter Model Baitul Arqam Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta (Studi Kasus Baitul Arqam Studi Islam 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta di Pondok Shabran Tahun 2014). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (35kB)

Abstract

Dunia pendidikan menuntut manusia untuk berubah dan merubah. Teori pendidikan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran membuktikan bahwa guru dan dosen harus mengubah paradigma (maindset) pengajaran konvensional. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) No. 14 tahun 2005, mengingatkan kita bahwa tujuan pendidikan nasional antara lain adalah terwujudnya peserta didik, yang tidak hanya cerdas intelektual dan emosinya saja tapi juga cerdas keterampilannya dan keahliannya, tidak sekedar pada life skill saja tetapi penerapan ilmu agamanya (quwwatul ’ilmi), yaitu praktik amaliah. Oleh karena itu rumusan dari masalah yang diteliti, berkaitan tentang: bagaiman output pendidikan karakter model Baitul Arqam Studi Islam 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta di Pondok Shabran tahun 2014 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana output pendidikan karakter model Baitul Arqam Studi Islam 1 dan 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta di Pondok Shabran tahun 2014, sedangkan manfaat atau kegunaan hasil penelitian ini mencakup dua hal, yaitu; (a) Teoritis atau ilmiah adalah penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan keilmuan dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam, dan secara khusus manajemen pendidikan karakter. (b) Praktis sosial adalah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dan rujukan lembaga dalam upaya pengembangan strategi pembelajaran Studi Islam 1 dan 2, dan sebagai referensi Universitas dalam mengkaji ulang kebijakan model pembelajaran Baitul Arqam Studi Islam 1 dan 2 di Pondok Shabran Makamhaji Kartasura Sukoharjo. Jenis penelitian yang penulis lakukan berupa penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orangorang dan pelaku yang diamati. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kualitatif di dapatkan hasil bahwa Output Model Pendidikan Karakter Baitul Arqam Studi Islam1dan2 di Pondok Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014 ialah: Pertama, penanaman sikap religius, diwujudkan dalam prilaku mahasiswa dengan praktek langsung yakni ibadah praktis, Kedua, penanaman sikap disiplin, diwujudkan dalam prilaku mahasiswa untuk tertib pada berbagai ketentuan dan peraturan. Ketiga, penanaman sikap rapi dan sopan, Keempat, penanaman sikap kebersamaan dan kekompakan, Kelima, penanaman sikap kesederhanaan, Keenam, keikhlasan, Ketujuh, Semangat dan harapan, Kedelapan, keberanian, Kesembilan, bertanggung jawab, Kesepuluh, kesabaran, Kesebelas, kejujuran, Keduabelas, kemandirian, Ketigabelas, keteladanan, dan Keempatbelas, kepedulian.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: model; pendidikan karakter; Baitul Arqam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Dodi Afianto
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:42
Last Modified: 13 Jul 2015 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item View Item