Perbandingan Strategi Pembelajaran Questions Students Have Dan Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

SHANDY, RIO (2015) Perbandingan Strategi Pembelajaran Questions Students Have Dan Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 04 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
COVER DEPAN.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran yang menggunakan Quetion Student Havedan Learning Start With a Questionpada pendalaman materi IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 04 Sambi tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah04Sambi. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen I (menggunakan Quetion Student Have), kelas VIIIB sebagai eksperimen II (menggunakan Learning Start With a Question) dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (10,232) lebih besar dari Ftabel (3,134). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 67) yaitu sebesar 3,134 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postest siswa menggunakan Learning Start With a Questionlebih tinggi (78,6) dibanding dengan Quetion Student Have(70,2) dan kontrol (73,9). Disimpulkan bahwa penggunaan Learning Start With a Questionlebih efektif digunakan untuk pendalaman materi IPA Biologi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quetion Student Have, Learning Start With a Question, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:25
Last Modified: 17 Jun 2015 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33414

Actions (login required)

View Item View Item