UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas X SMK Sukawati Gemolong)

AMBARWATI , RATNA DEWI (2009) UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING (PTK Pada Siswa Kelas X SMK Sukawati Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040040.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A410040040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan tingkah laku yang mengarah pada peningkatan kedisiplinan belajar matematika dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar matematika setelah digunakannya pendekatan cooperative learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas X SMK Sukawati Gemolong tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan; (1) melalui pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi: (a) perhatian sebelum dilakukan tindakan 7 siswa (18%) dan kondisi akhir sebanyak 25 siswa (66%), (b) Menyelesaikan tugas sebelum dilakukan tindakan sebanyak 10 siswa (26%) dan kondisi akhir sebanyak 28 siswa (74%), (c) datang teapat waktu sebelum dilakukan tindakan sebanyak 13 siswa (34%) dan kondisi akhir sebanyak 29 siswa (76%), (d) mengulang materi sebelum dilakukan tindakan sebanyak 5 siswa (13%) dan pada kondisi akhir sebanyak 26 siswa (68%), (e) menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum dilakukan tindakan sebanyak 10 siswa ( 24%) dan pada kondisi akhir sebanyak 30 siswa (79%). (2) Hasil belajar sebelum dilakukan tindakan sebanyak 9 siswa (24%) dan pada kondisi akhir sebanyak 28 siswa (74%). Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil dengan adanya pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan,cooperative learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 08:02
Last Modified: 16 Nov 2010 15:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item View Item