Peran Masjid Dalam Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat (Di Masjid Jami’ Syarif Saripan Kelurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo 2014/2015)

Burhanuddin, Burhanuddin and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Muhammad Yusron, M.Ag. (2015) Peran Masjid Dalam Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat (Di Masjid Jami’ Syarif Saripan Kelurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (BabVI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat (warga) atau yang lebih dikenal dengan pendidikan nonformal salah satunya dapat berupa pendidikan keluarga dan pendidikan melalui masjid. Masjid sebagai tempat duduk atau tempat yang dipergunakan untuk beribadah, pada hakekatnya masjid merupakan tempat melaksanakan shalat berjama’ah dan tempat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kepatuhan kepada Allah SWT. Yang berfungsi sebagai penyempurna pendidikan dalam keluarga. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana peran masjid Jami’ Syarif dalam pendidikan Islam berbasis masyarakat dan faktor pendukung dan penghambat dalam pendidika Islam berbasis masyarakat di masji Jami’ Syarif Saripan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran masjid Jami’ Syarif serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan Islam berbasis masyarakat di masjid Jami’ Syarif Saripan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriftif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang sudah terkumpul, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan pola pikir induktif. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah ketua takmir masjid, jama’ah, tenaga pengajar/ustads dan semua yang terkait dengan bagian masjid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran masjid Jami’ Syarif telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan meliputi dua peran ganda sebagai pencerdasan dibidang pendidikan melalui pengkajian tentang keislaman yaitu, pengajian Ibu-ibu, pengajian rutin yang dihadiri oleh Bapak-bapak dan Ibu-ibu, pengajian remaja, tadarusan pada bulan ramadhan serta adanya taman penidikan al-Qur’an dan Madrasah Awaliayah Diniyah. Pencerdasan dibidang sosial: pengumpulan dan penyaluran beras/ zakat fitrah, adanya pelayanan kesehatan dan donor darah. Takmir masjid Jami’ Syarif telah berusaha mengoptimalkan peran sebagaimana mestinya, disamping sebagai tempat ibadah, tempat menuntut ilmu, pusat dakwa dan kebudayaan dan tempat kaderisasi umat. Dengan terselenggaranya beberapa kegiatan-kegiatan tersebut, mampu menciptakan manusia yang berakhlak, berjiwa tauhid, takwa kepada Allah, rajin beribadah dan beramal shaleh dan memiliki akhlak karimah, dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung: adanya masjid sebagai sarana pendidikan yang cukup baik dilengkapai dengan sarana dan prasarana penunjan pendidikan, adanya kegiatan yang tersusun, adanya madrasah diniyah awaliyah, pelayanan kesehatan, tersedia dana yang memadai, remaja masjid sebagai generasi penerus dang pengganti kaum tua. Faktor penghambat: sumber daya manusia dan kurang komunikasi dan kesibukan pengurus. Kata kunci: peran masjid, pendidikan Islam, berbasis masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Masjid, Pendidikan Islam, Berbasis Masyarakat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: BURHANUDDIN
Date Deposited: 18 Jun 2015 03:31
Last Modified: 12 Oct 2021 14:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33395

Actions (login required)

View Item View Item