NILAI RELIGI NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI KARYA SUYATNA PAMUNGKAS DAN TANGGAPAN GURU SMP N 2 KARTASURA TERHADAP HASIL PENELITIAN SEBAGAI BAHAN AJAR

HIDAYAH, PUSPASARI NUR and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) NILAI RELIGI NOVEL MAHAMIMPI ANAK NEGERI KARYA SUYATNA PAMUNGKAS DAN TANGGAPAN GURU SMP N 2 KARTASURA TERHADAP HASIL PENELITIAN SEBAGAI BAHAN AJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (511kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (784kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan latar sosio-historis pengarang novel Mahamimpi Anak Negeri, (2) struktur yang membangun novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas, (3) nilai religi dalam novel Mahamimpi Anak Negeri, dan (4) tanggapan guru SMP N 2 Kartasura terhadap hasil penelitian sebagai bahan ajar. Data penelitian berupa kata, kalimat dan paragraf yang berkaitan dengan objek penelitian dalam novel Mahamimpi Anak Negeri karya Suyatna Pamungkas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pustaka, catat, dan wawancara. Teknik validasi data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data dan trianggulasi teori. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik pembacaan heuristik, hermeneutik, dan metode analisis isi. Hasil penelitian ini antara lain: (1) berdasarkan analisis latar sosio-historis, Suyatna Pamungkas lahir di Banyumas tahun 1986. Bakat menulis pengarang menghasilkan berbagai karya sastra seperti puisi, cerpen, dongeng, dan novel. (2) analisis struktural dalam novel Mahamimpi Anak Negeri yaitu tema perjuangan seseorang dalam mencapai mimpi untuk meraih kesuksesan; alur yang digunakan alur maju; penokohan terdiri dari tokoh utama Elang, Tegar, Darwin, Waris dan tokoh tambahan Senja, Ustaz Ahmad, Bapak Elang, Ibu Elang, Paman Widjaya, Pak Sapon; latar tempat di Bukit Bayur, Wogen Legok, Banyumas, SD dan SMP Satu Atap, Masjid Sayyidina Hamzah, Sungai Kaligencar, Bukit Warengan, SDN 1 dan lapangan Grendeng, Purwokerto, Peternakan Sapi Limusin, Jakarta, Gedung Widya Manggala Bhakti, dan PT Wijaya Usaha; latar waktu terjadi pada tahun 1980-an sampai 2000-an; dan latar sosial adalah warga Bukit Bayur yang masih kental dengan tradisi animisme dan dinamisme. (3) nilai religi terdiri dari 5 data iman, 3 data taat, 3 data pasrah, 3 data ikhlas, dan 4 data sabar. (4) bahan ajar yang disusun peneliti berdasarkan hasil penelitian sudah memenuhi kriteria dan sesuai dengan kelayakan bahan ajar seperti yang diungkapkan oleh BSNP. Selain itu, bahan ajar terdapat kekurangan pada bagian materi dan evaluasi. Materi perlu ditambah referensi dari berbagai sumber, sedangkan pada bagian evaluasi perlu ditingkatkan kembali kualitas-kualitas soal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai religi, novel Mahamimpi Anak Negeri, semiotik, dan tanggapan guru terhadap hasil penelitian sebagai bahan ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Puspasari Nur Hidayah
Date Deposited: 16 Jun 2015 05:25
Last Modified: 07 Oct 2021 01:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33373

Actions (login required)

View Item View Item