UPAYA MENINGKATKAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 4 Cepu)

WIJAYANTI, SILVIA WURI (2009) UPAYA MENINGKATKAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 4 Cepu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040036.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
A410040036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan respon siswa pada pokok bahasan bilangan bulat, 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, 3) mendeskripsikan tanggapan guru setelah penelitian mengenai pendekatan kontekstual dalam meningkatkan respon dan keaktifan siswa. Peningkatan respon siswa berdasarkan pada empat aspek peningkatan yaitu peningkatan kesiapan siswa menerima pelajaran, membawa buku paket, konsentrasi penuh dalam mengikuti kegiatan belajar, dan mencatat hasil pembahasan. Peningkatan keaktifan siswa berdasarkan pada empat aspek peningkatan, yaitu peningkatan jumlah siswa yang bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan guru, aktif mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru, dan aktif dalam menggunakan sumber belajar. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIE SMPN 4 Cepu, subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VIIE sejumlah 41 siswa, subyek pengamat adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Ada peningkatan respon siswa meliputi kesiapan siswa menerima pelajaran dari 17 siswa (41,46%) meningkat menjadi 35 siswa (85,36%), membawa buku paket dari 15 siswa (36,58%) meningkat menjadi 33 siswa (80,48%), konsentrasi penuh dalam mengikuti kegiatan belajar dari18 siswa (43,90%) meningkat menjadi 32 siswa (78,08%), mencatat hasil pembahasan dari 20 siswa (48,78%) meningkat menjadi 32 siswa (78,04%), 2) Keaktifan siswa meningkat meliputi keaktifan bertanya kepada guru dari 3 siswa (7,31%) meningkat menjadi 13 siswa (31,70%), menjawab pertanyaan guru dari 10 siswa (34,90%) meningkat menjadi 23 siswa (69,09%), mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru dari 18 siswa (43,90%) meningkat menjadi 30 siswa (73,17%), menggunakan sumber belajar dari 12 siswa (29,26%) meningkat menjadi 24 siswa (58,53%), 3) Tanggapan guru setelah penelitian yaitu bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika respon dan keaktifan siswa meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon, Keaktifan, Pendekatan-kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 07:52
Last Modified: 16 Nov 2010 15:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item