UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SISWA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS (PTK SMP Negeri 2 Karanganom Kelas VII Tahun Ajaran 2007/2008 )

Martini , Cicik (2009) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN SISWA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS (PTK SMP Negeri 2 Karanganom Kelas VII Tahun Ajaran 2007/2008 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040035.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
A410040035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep matematika dan keterampilan siswa melalui metode pemberian tugas. Peningkatan keterampilan matematika berdasarkan pada tiga aspek peningkatan yaitu peningkatan kemampuan mengkonstruksikan soal ke dalam model matematika, ketepatan menggunakan rumus dan kebenaran proses mencari jawaban. Peningkatan pemahaman konsep matematika meliputi dua aspek peningkatan yaitu : 1) keaktifan siswa yang meliputi keaktifan bertanya dan mengemukakan ide; 2) kemandirian siswa yang meliputi kemandirian mengerjakan soal latihan dan mengerjakan pekerjaan rumah.. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMPN 2 Karanganom, subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas VIIB sejumlah 40 siswa.. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu : 1)Peningkatan keterampilan siswa di akhir penelitian ini meliputi mengkonstruksikan soal kedalam model matematika mencapai 80,00%, ketepatan pengguanaan rumus mencapai 85,00%, dan proses perhitunganm mencapai 87,50%; 2) peningkatan pemahaman konsep matematika siswa diakhir penelitian yang meliputi keaktifan bertanya mencapai 40,00%, mengemukakan ide mencapai 17,50%, kemandirian mengerjakan soal latihan mencapai 82,50%, dan mengerjakan pekerjaan rumah mencapai 77,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan keterampilan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman - konsep, keterampilan, pemberian - tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2009 07:44
Last Modified: 16 Nov 2010 15:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item