Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015

Wiyono, Dina Kusumawati (2015) Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
10. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN POLA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2014/2015 Dina Kusumawati Wiyono Wafroturrohmah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhammadiyah Surakarta Email: plumsadaha@gmail.com Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015; 2) pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015; 3) Pemanfaatan fasilitas belajar dan pola belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu angkatan 2014/2015 sebanyak 255 siswa. Sampel diambil sebanyak 149 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi: Y= 8,505+1,134X1+0,386X2. Persamaan ini menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan fasilitas belajar dan pola belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 8,752 > 2,265 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang positif pola belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 2,641 > 2,265 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,009. 3) Ada pengaruh yang positif pemanfaatan fasilitas belajar dan pola belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Hal ini berdasarkan analisis uji F yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 78,678 > 3,09 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 82% dan sumbangan efektif sebesar 42,558%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 18% dan sumbangan efektif sebesar 9,342%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,519 menunjukkan bahwa besarnya pemanfaatan fasilitas belajar dan pola belajar adalah sebesar 51,9% sedangkan 48,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: prestasi belajar, pemanfaatan fasilitas belajar, pola belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: prestasi belajar, pemanfaatan fasilitas belajar, pola belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: DINA KUSUMAWATI W
Date Deposited: 18 Jun 2015 02:52
Last Modified: 18 Jun 2015 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33294

Actions (login required)

View Item View Item