Pertanggungjawaban PT.Pos Indonesia Atas Klaim Terhadap Pengiriman Paket Barang Di Kantor Pos Kota Surakarta

Arifin, Teguh (2015) Pertanggungjawaban PT.Pos Indonesia Atas Klaim Terhadap Pengiriman Paket Barang Di Kantor Pos Kota Surakarta. Skripsi thesis, UnIvesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (433kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: ( 1) mendeskripsika n bentuk perjanjian pengangkutan paket barang yang dilaksanakan di PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta ; (2) mendeskripsikan bentuk tanggung jawab penyelesaian klaim dan ganti kerugian yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta kepada pengguna jasa pengiriman paket barang . Penelitian ini termasuk jenis penelitian yuridis empiris yaitu suatu pendekatan yang mengacu pada peraturan -peraturan tertulis untuk kemudian dilihat bagaimana implementasinya di lapangan. Penelitian dilaksanakan di PT. Pos Indonesia Cabang Kota Surakarta . Sumber data menggunakan data primer dari hasil wawancara, observasi, dan studi kepustakaan . Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) Bentuk perjanjian pengiriman paket barang antara pengirim paket dengan PT. Pos Indonesia dituangkan dalam bentuk formulir yang diisi oleh petugas pos dan ditandatangani oleh pengirim. PT. Pos mengikatkan diri untuk mengantarkan paket milik si pengirim sedangkan pengirim sendiri mengikatkan dirinya untuk membayar ongkos kiriman sesuai tarif yang ditetapkan PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta; (2) Bentuk tanggung jawab penyelesaian klaim dan ganti kerugian yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta kepada pengguna jasa pengiriman paket barang adalah memberikan ganti rugi apabila terjadi: kehilangan kiriman; kerusakan isi paket; keterlambatan kiriman; atau ketidaksesuaian antara barang yang dikirim dan yang diterima. Kata Kunci: Paket Barang, Tanggung Jawab, Klaim

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Paket Barang, Tanggung Jawab, Klaim
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: ANNISA FITRIANA MUCHTAR
Date Deposited: 17 Jun 2015 03:05
Last Modified: 17 Jun 2015 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item