PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG, PENAWANGAN, GROBOGAN TAHUN 2014/2015

Hidayat, Praba Wahyu and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA TEMPAT TINGGALKU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG, PENAWANGAN, GROBOGAN TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan penerapan saintifik terhadap hasil belajar tema tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD Negeri Winong, Penawangan, Grobogan. Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti untuk mencari pengaruh tertentu terhadap yang lain dengan kondisi yang terkendali. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Winong tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar tema tempat tinggalku subtema 1 pembelajaran 2, yang diperoleh nilai rata-rata post test lebih besar dari pada nilai rata-rata pre test, yaitu 82,97 > 70,94. (2) Terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar tema tempat tinggalku, yang ditunjukkan nilai t_hitung= -4,750, dengan α = 5% dan dk = n_1+n_2-2=32+32-2=62 maka diperoleh nilai t_tabel=2,00, Sehingga t_(hitung )≤〖-t〗_tabel (-4,750 ≤-2,00). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) adanya perbedaan hasil belajar pre test dan post test pada tema tempat tinggalku subetema 1 pembelajaran 2 pada siswa kelas IV SD Negeri Winong. (2) Pendekatan saintifik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa tema tempat tinggalku subtema 1 pembelajaran 2 pada siswa kelas IV SD Negeri Winong.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pendekatan saintifik, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: a510110210
Date Deposited: 11 Jun 2015 02:17
Last Modified: 12 Oct 2021 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item View Item