ASPEK SOSIAL BUDAYA DALAM FOLKLOR MAKAM KI AGENG BALAK DAN FUNGSINYA BAGI MASYARAKAT DESA MERTAN KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO: TINJAUAN RESEPSI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA

Mahardikawati, Suci and , Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M. Hum., and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2015) ASPEK SOSIAL BUDAYA DALAM FOLKLOR MAKAM KI AGENG BALAK DAN FUNGSINYA BAGI MASYARAKAT DESA MERTAN KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO: TINJAUAN RESEPSI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi.pdf

Download (936kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK ASPEK SOSIAL BUDAYA DALAM FOLKLOR MAKAM KI AGENG BALAK DAN FUNGSINYA BAGI MASYARAKAT DESA MERTAN KECAMATAN BENDOSARI KABUPATEN SUKOHARJO : TINJAUAN RESEPSI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA INDONESIA DI SMA Suci Mahardikawati. A310110068. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. 156 halaman. Tujuan penelitian ini adalah (1)memaparkan asal-usul dan analisis struktural dalam folklor Makam Ki Ageng Balak (2)mendeskripsikan aspek sosial budaya yang terdapat dalam folklor,(3)menjelaskan fungsi dan tanggapan masyarakat mengenai folklor,(4)mendeskripsikan implementasi folklor sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif,dengan menggunakan strategi desain studi kasus terpancang. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan paragraf. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang berasal dari informan atau narasumber di tempat folklor Makam Ki Ageng Balak berada. Sumber data sekunder dalam penelitian berasal dari cerita dalam buku legenda Makam Ki Ageng Balak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini ada empat (1) Asal usul dan analisis struktural folklor Makam Ki Ageng Balak tema folklor mengenai kepercayaan tradisional masyarakat terhadap cerita. Alur yang digunakan ialah alur maju, tokoh dalam cerita adalah Ki Ageng Balak, Raja Majapahit, Tumenggung Simbarja dan Simbarjaya, Mbah Kerto Bandem. Latar cerita dibagi menjadi tiga yaitu latar tempat,latar waktu, dan latar sosial budaya.(2)Aspek sosial dalam folklor ini meliputi aspek sosial yang berkaitan dengan masalah keagamaan, aspek budaya dalam penelitian ini meliputiritual adat dan kepercayaan masyarakat.(3)Tanggapan masyarakat dan fungsi folklor ada dua yaitu tanggapan poitif (masyarakat menerima), dan tenggapan negatif (masyarakat kurang menerima). (4) Implementasi folklor Makam Ki Ageng Balak sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan dapat dijadikan materi pembelajaran sastra. Kata Kunci: Aspek sosial budaya, folklor Makam Ki Ageng Balak, implementasinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek sosial budaya, folklor Makam Ki Ageng Balak, implementasinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Suci Mahardikawati
Date Deposited: 10 Jun 2015 04:13
Last Modified: 07 Oct 2021 01:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33235

Actions (login required)

View Item View Item