Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Pair Checks Berbantu Media Komputer (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam Krtasura Sukoharjo)

Susanto, Joko and , Drs. Ariyanto, M.Pd and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Pair Checks Berbantu Media Komputer (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam Krtasura Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa melalui strategi pair check berbantu media komputer. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII K MTs PPMI Assalaam kartasura sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator penelitian yaitu; 1) kemauan mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 20%, setelah tindakan 74%, 2) kerjasama dalam diskusi kelompok sebelum tindakan 11%, setelah tindakan 83%, 3) keberanian dalam mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 23%, setelah tindakan 71%, 4) kemampuan dalam berpendapat sebelum tindakan 6%, setelah tindakan 71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pair check berbantu media komputer dapat meningkatkan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika tentang materi himpunan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, media komputer, pair checks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:08
Last Modified: 09 Oct 2021 13:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33208

Actions (login required)

View Item View Item