Penerapan Teknik Pembelajaran Brainstorming Sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Dan Fungsi Kuadrat (PTK Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2014/2015)

Sriatin, Dewi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2015) Penerapan Teknik Pembelajaran Brainstorming Sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Dan Fungsi Kuadrat (PTK Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
0.6 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (889kB)
[img] PDF (Kampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran dan kreativitas belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah 32 siswa kelas X TKR 3. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik. Teknik analisa data yang digunakan adalah tahapan analisis kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian terjadi peningkatan kemampuan pada tiap indikator penalaran dan kreativitas dari siklus I ke siklus II. Indikator penalaran antara lain: (1) Kemampuan memanipulasi model matematika meningkat dari 68,75% menjadi 84,44%, (2) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika dalam bentuk tulisan, gambar atau grafik meningkat dari 56,25% menjadi 71,87%, (3) Kemampuan menyatakan alasan atau bukti kebenaran meningkat dari 46,87% menjadi 62,50% dan (4) Kemampuan menarik kesimpulan meningkat dari 62,50% menjadi 75%. Indikator kreativitas antara lain: (1) Kemampuan mengajukan pertanyaan meningkat dari 37,50% menjadi 53,12%, (2) Kemampuan membuat dugaan atau ide meningkat dari 64,52% menjadi 78,12% dan (3) Kemampuan mempertahankan pendapat saat presentasi meningkat dari 25,81% menjadi 37,50%. Penelitian ini menyimpulkan teknik pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan penalaran dan kreativitas belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming, penalaran, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 05:09
Last Modified: 09 Oct 2021 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33202

Actions (login required)

View Item View Item