Implementasi Strategi Conceptual Understanding Prosedurs (CUPS) Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dan Question Student Have Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok

Fibriana Sari, Kusmiyati and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Implementasi Strategi Conceptual Understanding Prosedurs (CUPS) Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dan Question Student Have Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) dengan mengoptimalkan alat peraga dengan Question Student Have (QSH), (2) perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% dapat disimpulkan, (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs) dengan mengoptimalkan alat peraga dengan Question Student Have, dengan = 4,252, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan = 3,775, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan = 0,227.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Conceptual Understanding Prosedurs (CUPs), Question Student Have (QSH), Motivasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:15
Last Modified: 09 Oct 2021 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33198

Actions (login required)

View Item View Item