Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Jatiroto, Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014)

Lestari, Lia (2015) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Jatiroto, Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika bagi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jatiroto Tahun 2013/2014 melalui model problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII G SMP N 1 Jatiroto Tahun 2013/2014. Kedua, peningkatan motivasi belajar matematika yaitu a) siswa antusias menjawab pertanyaan dari kondisi awal 18,75% siklus I 31,25% dan siklus II 75%, b) siswa antusias bertanya dari kondisi awal 12,5% siklus I 25% dan siklus II 62,5%, c) siswa antusias mengerjakan tugas dari kondisi awal 15,625% siklus I 50% dan siklus II 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VII G SMP Negeri 1 Jatiroto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, motivasi, diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:01
Last Modified: 04 Jun 2015 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33197

Actions (login required)

View Item View Item