Profil Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif

Tiffani, Haqqinna and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Profil Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang bergaya kognitif field dependent dan field independent serta bergaya belajar visual, auditori, kinestetik dalam menyelesaikan soal Perbandingan. Dalam penelitian ini proses berpikir yang dimaksud adalah proses berpikir dalam memecahkan masalah yang mengikuti langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 1 Gondangrejo. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIIA, yaitu 3 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dengan gaya belajar yang berbeda-beda, dan 3 siswa yang bergaya kognitif field independent (FI) dengan gaya belajar yang berbeda pula. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk mengetahui gaya belajar serta gaya kognitif masing-masing individu, teknik test untuk kemampuan menyelesaikan soal perbandingan, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 6 subjek yang memenuhi kriteria tersebut dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya belajar dan gaya kognitif mempengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan langkah polya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, gaya kognitif, menyelesaikan soal, perbandingan, proses berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2015 03:15
Last Modified: 09 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33195

Actions (login required)

View Item View Item